Rekayasa Perangkat Lunak






REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software)

A.   PENGERTIAN PERANGKAT LUNAK
B.   PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
C.   PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK

A. PENGERTIAN PERANGKAT LUNAK
Adalah program yang berisi intruksi/perintah untuk melakukan proses pengolahan data.
Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :
1. Sistem operasi (Operating System)
2. Program aplikasi (Application Programs)
3. Bahasa pemograman (Programming Language)
4. Program bantu System (Utility System)
Ø 1. Sistem operasi (Operating System)
Adalah program yang digunakan untuk mengendalikan kerja computer.
Contoh sistem operasi, yaitu
1) MS-Dos (Microsoft Operating System)
             2) Microsoft Windows
             3) Unix
             4) Linux
             5) Mac OS
             6) Novell
             7) Solaris
Ø 2. Program aplikasi (Application Programs)
Adalah program yang digunakan khusus untuk tujuan tertentu
Program aplikasi dibagi menjadi :
1)      Word Processing (Pengolah kata)
2) Spreadsheet (Pengolah angka)
3) Presentasi
4) Database (Pengolah data)
5) Design Grafis (Pengolah Gambar)
6) CAD (Computer Aid Design)
7) Multimedia
8) Internet


1)      Word Processing (Pengolah kata)
Contohnya  :
      a. Word Star
      b. Microsoft Word
      c. Open Office Writer
      d. Word Perpec
      e. Chiwriter
      f. Kword
      g. Abi  Word
      h. Star Office
2)   Spreadsheet (Pengolah angka)
Contohnya  :
      a. Microsoft Excel
      b. Open Office Calc
      c. Lotus
      d. Star Office Spreadsheet
3)   Presentasi
      merupakan aplikasi yang berorientasi pada pembuatan presentasi
      Contohnya  :
                                    a. Microsoft Power Point
                                    b. Open Office Impress
                                    c. Macromedia Flash
4)   Database (Pengolah data)
      Contohnya  :
                                    a. dBase III
                                    b. Foxpro
                                    c. Microsoft Access
                                    d. Open Office Base
5)   Design Grafis (Pengolah Gambar)
      Contohnya  :
                                    a. Adobe Photoshop
                                    b. Corel Draw
                                    c. Microsoft Picture Manager
                                    d. Open Office Draw
                                    e. Paint
6)   CAD (Computer Aid Design)
merupakan aplikasi yang berorientasi pada rancangan bangunan dan  mesin.
Contohnya  :
                                                a. AutoCAD
                                                b. 3Dmax
7)   Multimedia
      merupakan aplikasi yang digunakan untuk merubah data menjadi
      hiburan.
      Contohnya  :
                                      a. Winamp
                                                b. Media Player
                                      c. Real Player
                                                d. Cyberlink Power DVD
8)   Internet
      merupakan aplikasi yang digunakan mencari informasi lewat internet.
      Contohnya  :
Internet Explorer
Mozilla fire Fox
Yahoo Messenger
Dan lain-lain.
Ø  3. Bahasa pemograman (Programming Language)
   Adalah program yang digunakan untuk membuat program  komputer
   Bahasa pemograman dibagi menjadi   :
1) Bahasa tingkat rendah
                Disebut juga dengan bahasa mesin (assembler)
    Bahasa ini menggunakan kode angka 0 dan 1.
    Contoh :
                         a. Machine language
                         b. Assemble Language.
2) Bahasa tingkat tinggi
Disebut  bahasa mesin yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa   manusia(inggris).
Contoh :
                         a. Basic,
                         b. Conbol,
                         c. Fontran,
                         d. Pascal.
3) Bahasa generasi keempat
    Disebut  bahasa pemograman yang berorientasi pada objek,
    Contoh :
                         a. Visual Basic,
                         b. Delphi,       
                         c. Visual C++.

Ø Program bantu Sistem operasi (Utility System)
Adalah program yang digunakan  untuk membantu meningkatkan kinerja sistem operasi
Contohnya :
1) Norton Comander merupakan utility untuk mengelola file.
2) Norton Disk Doctor merupakan utility untuk membantu mengecek hardisk
    yang rusak.
3)  Winzip merupakan utility untuk mengompres file
4) TuneUp Utilities merupakan utility untuk meningkatkan kinerja sistem operasi
5) Anti Virus merupakan utility untuk menjaga keamanan komputer
B. PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
     Ada 4 tahap perkembangan perangkat lunak, yaitu :
1. Tahap Pertama (1950 – 1960)
    Pengembangan perangkat lunak ini mempuyai ciri-ciri :
                1) Berorientasi batch (mempunyai tujuan tertentu) 
                2) Distribusi software terbatas untuk kalangan tertentu.
2. Tahap Kedua ( 1960 – 1970)
    Pengembangan perangkat lunak mempunyai ciri-ciri :
    1) Multi user yaitu Pengguna dari software sudah banyak bisa saling berbagi.
    2) Real Time yaitu suatu kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan,
        menganalisa dan mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian
        mengatur proses serta menghasilkan output yang diinginkan. 
   3) Paket perangkat lunak ini sudah banyak beredar di pasaran serta muncul
      istilah database dalam perangkat lunak.
3. Tahap Ketiga (1970 – 1990)
    Pengembangan perangkat lunak ini mempuyai ciri-ciri :
    Sudah menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari
    komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat
4. Tahap Keempat (1990 – 2000)
                1) Sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat
                    keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi.
    2) Tingkat kecerdasan dari perangkat lunak ini semakin ditingkatkan dan dilatih
        mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia. Contohnya :  adanya
        penemuan kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika
        fuzzy.
   3) Pemrograman sudah berorientasi obyek.

C. PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Adalah : sekumpulan tahap, tugas dan aktivitas yang dibutuhkan untuk secara effisien mentransformasikan kebutuhan pemakai ke suatu solusi perangkat lunak yang efektif.
Bertujuan : untuk merepresentasikan aktivitas yang terjadi selama pembuatan
                     perangkat lunak dan perubahan-perubahannya (evolusi).
Adapun metode pengembangan perangkat lunak yaitu :
1.      Model Waterfall (Sekuensial Linier)
Yaitu : merupakan paradigma rekayasa perangkat lunak yang paling tua dan paling banyak dipakai.
Ciri-ciri:
1) Model ini mengusulkan sebuah pendekatan perkembangan perangkat lunak
   yang sistematik
  2) Sekunsial yang dimulai pada tingkat dan kemajuan sistem pada seluruh
      analisis, desain, kode, pengujian, dan pemeliharaan.
Keuntungan dan Kerugian menggunakan Model Waterfall
*      Keuntungan:
              1) Terstruktur
              2) Tiap tahap memiliki metode untuk menghasilkan suatu  dokumen yang bisa
                  diserahkan ke pemakai
              3) Dokumen yang dihasilkan tiap tahap bisa di spesifikasikan secara jelas dan
              mendetail.
*      Kerugian:
            1) Linear, tidak ada umpan balik (feedback)
            2) Sumber daya dan penjadwalan harus di perkirakan pada awal proyek
            3) Tahap terisolasi, kurang terjalin transisi ke tahap berikutnya.  Akibat paling
                besar terasa pada tahap requirement
            4) Pemakai tidak bisa melihat produk perangkat lunak sampai akhir proyek
            5) Penekanan terbesar pada dokumen

2. Model Prototyping
*      Yaitu : suatu proses yang memungkinkan pengembang aplikasi untuk
             menciptakan suatu model dari perangkat lunak yang harus
             dikembangkan.
Tujuan utama : untuk mengurangi resiko dan ketidak-pastian selama tahap-
                            tahap awal dari life-cycle pengembangan perangkat lunak.
Keuntungan dan kerugian menggunakan Model Prototyping
*      Keuntungan:
                        1) Mengurangi kesalah-pahaman antara pengembang dan pemakai
                            perangkat lunak
                        2) Contoh sistem bisa diperlihatkan ke pemakai dalam tempo singkat
                        3) Prototype dipakai sebagai dasar spesifikasi dari sistem
*      Kerugian:
                    1) Biaya pengembangan prototype cukup besar dari keseluruhan biaya
                            sistem.
                        2) Harapan pemakai seringkali berlebihan / tidak sesuai dengan sistem yang
                     sesungguhnya.

3. Model Incremental (Evolutionary)
Ciri-ciri :
*      Model ini adalah pengembangan lebih lanjut dari model exploratory yang didesain untuk menjawab kritik terhadap model prototyping.
*       Secara keseluruhan, model incremental ini adalah gabungan dari beberapa proses waterfall mini yang saling berurutan.
*      Keuntungan         : Bisa mengantisipasi perubahan
*      Kerugian              : Hanya cocok untuk sebagian kecil dari bermacam-macam
  sistem, pemakai dan pengembang sistem.
4. Model Exploratory
          Ciri-ciri :
*      Pengembang sistem tidak sepenuhnya mengerti dan menguasai requirement dari sistem. Sistem dikembangkan sejalan dengan adanya requirement baru.
*      Model ini dipakai pada konteks dimana pengembang sulit sekali untuk membuat suatu spesifikasi.
*      Model ini banyak dipakai pada area yang memiliki budget tinggi, misalnya militer.
*      Keuntungan           : Terkadang, model ini adalah satu-satunya pendekatan yang
                                   masuk akal (tidak ada pilihan lain)
*      Kerugian                :  Perubahan yang terus-menerus bisa                                                                                mengerosi struktur sistem.
5. Model Transformational
              Ciri-ciri :
*      Model ini berorientasi pada spesifikasi formal dan ditransformasikan melalui beberapa tahap yang telah diuji kebenarannya sebelum menjadi suatu sistem yang seutuhnya.
*      Konsepnya: bila setiap tahap telah dibuktikan kebenarannya dari suatu step ke step selanjutnya, maka sistem secara keseluruhan bisa diyakini kebenarannya dan sesuai dengan spesifikasi yang diminta.
Keuntungan dan kerugian menggunakan Model Transformational
*      Keuntungan:
Ø  Sistem keseluruhan dijamin kebenarannya sesuai dengan spesifikasi yang ada
Ø  Setiap perubahan step terdokumentasi, termasuk alasan-alasan dalam memutuskan bentuk desain sistem pemrogram tidak bisa mengubah source-code secara langsung, tetapi harus melalui transformasi
*      Kerugian:
Ø  Masih berorientasi pada riset
Ø  Membutuhkan alat bantu (tool) yang cukup lengkap
6. Model Spiral
*      Model ini dikembangkan oleh Boehm.
*      Model ini cocok digunakan untuk organisasi yang besar.
*      Langkah-langkah pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan model Spiral:
1) Costumer communication→Komunikasi effektif antara pemakai dan
    pengembang perangkat lunak
2) Planning→Menentukan segala hal yang berhubungan dengan pengembangan
    perangkat lunak
3) Risk Analisis→Menentukan resiko manajemen dan resiko teknik
4) Engineering→Merekayasa perangkat lunak
5) Construction and release→Menguji, menginstall dan memberikan segala hal
    yang dibutuhkan konsumen (dokumentasi, training)
6) Customer evaluation→Mendapatkan masukan dari konsumen tentang
    perangkat lunak yang baru dikembangkan
Keuntungan dan kerugian menggunakan Model Prototyping
*      Keuntungan:
Dapat digunakan untuk mengembangkan proyek yang sangat besar
*      Kerugian:
Dibutuhkan biaya yang besar dalam pengembangan karena proyek yang dikembangkan biasanya proyek yang besar
7. Model 4GT
*      Pada alat bantu 4GT (Fourth Generation Technique) memungkinkan pengembangan spesifikasi perangkat lunak secara otomatis sesuai dengan yang akan diterjemahkan ke program.
*      Dengan menggunakan 4GT, software engineering memusatkan perhatian hanya kepada spesifikasi perangkat lunak yang diinginkan.
*      Keuntungan : Pengembangan dilakukan dengan cepat
*       Kerugian : Dibutuhkan skill yang tinggi untuk mengembangkan proyek karena                            menggunakan teknik 4GT.
8. Model Kombinasi
       Model ini merupakan gabungan dari tiga model sebelumnya yaitu:
                                    1) model waterfall,
                                    2) model prototyping dan
                                    3) model 4GT.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rekayasa Perangkat Lunak"

Posting Komentar